Apa itu CSS & Konsep Dasar CSS – Deskripsi gamblang soal CSS

May 15th, 2010

Deskripsi gamblang soal CSS, bisa ditemuin di blognya Mas Fikri ini. Saya suka penggunaan gambar dengan sketsa tulisan tangannya, it gives a personal touch to the post. (Check it out!) Great job, Mas Fikri.

Satu lagi link yang sangat menarik untuk dicek, “50 Tutorial CSS/XHTML Dalam Bahasa Indonesia” di website Toekangweb. Daripada dua kali kerja – mencoba mencerna definisi CSS dalam Bahasa Inggris, akan sangat membantu ketika membacanya dalam bahasa sendiri.

Kalau disuruh mendefinisikan CSS, saya yang notabene ga ada background kuliah komputer ini akan menyebutnya “cara membuat designer belajar berpikir lebih skematis”. Orang bilang desainer itu moody, yang jalan seringnya bukan logika tapi perasaan (bener ga sih? ^^). Nah, dengan adanya CSS ini, saya bilang kita para tukang desain mau ga mau dipaksa mikir sedikit lebih tertata.

Seperti dibilang Anis Fahrunisa di Berkenalan dengan CSS dan 5 Alasan Kenapa Kita Harus Mempelajari CSS:

CSS digunakan sebagai pengumpulan sebuah blok perintah yang sering dilakukan berulang-ulang sehingga dapat mempercepat proses desain web itu sendiri.

Dan melakukan “pengumpulan perintah” ini mau ga mau membuat kita harus berpikir dulu, ga sekedar mendesain dan “pokonya saya mau jadinya kaya gini, HTML-CSSnya gimana ntar dah” :)

Sekarang CSS sudah melangkah ke versi 3… tunggu apa lagi? ^^

2 Responses to “Apa itu CSS & Konsep Dasar CSS – Deskripsi gamblang soal CSS”

  1. Yudhistira says:

    Wah pas banget nih kak monika ngebahas tentang CSS :) aku suka sama css karena bikin repetisi halaman web jadi gak lama dan ribet :)

    Sekalian numpang nanya boleh yah? Aku baru mulai mendalami dunia web design, dan ada yang nanya sama aku: “Apa sih kelebihan html+css kalo dibanding dengan cms?”

    Aku langsung bingung deh jawabnya, dipikir-pikir, bener juga kan emang tujuan web designer itu membuat user jadi betah + mudah mau ngapa-ngapain dan client agar puas, dan dengan cms itu bisa membuat client jadi gampang kalau mau menambah konten :)

    Ada pendapat dari kak monika? :)

  2. Monika Tanu says:

    Halo Mas Yudhistira… Eh bentar… yang dimaksud ama CMS itu Content Management System kan? Kalo iya, seperti mas bilang… antara CMS dan HTML-CSS justru saling melengkapi, ga bisa dibandingin… clientnya ngetes kali Mas :D Hehehe… Kalau pertanyaannya “apa kelebihan html-css vs web full flash”, baru deh…

Leave a Reply

*
To prove you're a person (not a spam script), type the answer to the math equation shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the equation.
Click to hear an audio file of the anti-spam equation