Moms working from home – Ibu bekerja dari rumah

May 5th, 2009

Latest update: Feb 20, 2012

Saya selalu tertarik dengan istilah mom working from home, ibu bekerja dari rumah. Saya sangat mendukung kalau ada moms yang sedang berpikiran ke arah sana. Kalau belakangan jamak istilah go green, mungkin kalau saya public figure, saya ikutan, tapi dengan tagline “GO HOME, MOMS!” ^^ No offense — ini lantaran belakangan saya banyak melihat hal-hal yang membuat saya semakin sadar pentingnya keberadaan seorang family manager – a mom – at home. Yang ga bisa digantikan dengan keberadaan asisten; mbak alias pembantu rumah tangga ataupun baby-sitter, bahkan ortu dan mertua sekalipun. (again, menurut saya, orang lain bisa berpendapat berbeda)

Anyway, back to topic ^^ Ngomongin soal kasus ibu bekerja dari rumah, saya sering mendengar tanggapan: “Lha kalau saya ga kerja (baca: ngantor), duitnya gimana dong?” Itu dari yang concernnya lebih di soal keuangan. Atau yang lebih mementingkan eksistensi, “Masa gue jadi ibu rumah tangga doang,” dan aktivitas “Mati bosen kali gua kalo cuma ngurusin anak ama dapur doang! Mau gaol gimane?”

Banyak ngobrol di YM dengan temen saya yang sekarang tinggal dan bekerja part-time di Australia, saya jadi ngeh  lingkup pekerjaan yang tersedia di dunia online sekarang ini semakin luas. Everything goes online. Kalau dulu, namanya kerjaan harus ngantor, sekarang kayanya ngga lagi.

Kalo gitu, saya harus jualan? Buka toko online? Jualan baju online? Buku? Sepatu?

Kalo saya, jualan justru hal terakhir yang bakal saya lakonin. Bukan apa-apa, bakat saya di jualan barang kayanya melempem… dan dengan semakin maraknya jualan online sebagai alternatif side job yang bisa dilakoni siapapun, kayanya semakin banyak nelayan berebut ikan. Makanya salut saya ama ibu-ibu yang sampe sekarang masih tetap gencar jualan online di Multiply Facebook. Buat saya, jualan justru salah satu hal tersulit yang harus dilakoni sebagai awal saya merintis pekerjaan dari rumah.

So… Mau tau job-job sederhana yang sekarang dibutuhkan ama saya & tim web developer saya (dan pastinya bisa dikerjakan dari rumah)?

  1. Web admin (Status: sudah full per Maret 2011)
    Ini yang paling gampangnya. Tugasnya hanya menginput materi dari client ke website via admin area / content management system (CMS). Yang dibutuhkan notabene hanya ketelitian dan kemampuan mengoperasikan word editor macamnya microsoft word. Tentu saja logika berpikir, jangan sampe materi dari client tumplek blek dicopy paste apa adanya tanpa diseleksi dulu :)
  2. Web surfer checker (Status: sudah full per Maret 2011)
    NAH! Akhirnya per Maret 2010 saya menemukan istilah yang kurang lebih bisa menggambarkan job description yang satu ini. Tugasnya apa? Browsing! As simple as that! Nah… browsing apaan? Ya tentunya ga sekedar browsing, tapi find out apakah ada error dan bug  di web yang harus dibrowse tersebut, apakah hasilnya oke ketika dibuka di berbagai macam browser (minimal ngecek di 5 browser standar yang nanti akan kita informasikan detailnya), dan lain sebagainya.
  3. Web… hmmm, apa ya istilahnya? (Status: sudah full per Maret 2011)
    Saya belum ada bayangan job yang satu ini mau dikasi title apa. Tugasnya sih membantu saya & tim mengkustomisasi CMS Manual Guide yang nantinya diberikan pada client sebagai panduan menggunakan Content Management System websitenya nanti. Istilahnya memang terdengar “seremmm”, tapi setelah dilakonin, ternyata lebih mudah dibanding bikin rekap laporan penjualan bulanan di kantor :)
  4. Web sales (Status: masih open TAPI HANYA UNTUK PEMINAT SUPER SERIUS – update per Feb 2012)
    Ini udah nyerempet-nyerempet jualan, tapi setidaknya ga harus pusing urusan stok barang dan pengiriman… cukup duduk manis pada jam tertentu di depan kompie dan nyalain YM. Lalu menanggapi prospect client yang berminat terhadap produk yang dijual oleh perusahaan yang meng-hire kita.
  5. XHTML-CSS Coder (Status: masih open TAPI HANYA UNTUK MEREKA YANG BISA MEMBERIKAN PORTOFOLIO – update per Feb 2012)
    Ini buat moms yang punya background programmer, atau setidaknya seneng belajar hal-hal baru di internet. Jadi tugasnya meng-convert desain yang sudah jadi dalam format PSD (Photoshop files) ke HTML, tentunya dengan coding yang sesuai dengan standar web yang berlaku. Harus valid CSS loh :)
  6. Web Designer / Web Graphic Designer (Status: masih open TAPI HANYA UNTUK MEREKA YANG BISA MEMBERIKAN PORTOFOLIO – update per Feb 2012)
    Sehubungan dengan semakin tingginya load kerjaan, yang harus dibagi-bagi supaya hasilnya bisa lebih maksimal :) Buat moms yang punya talent di bidang desain, feel free to join our team. Sekali lagi: kerjanya bisa dikerjakan dari rumah, dengan tujuan menjaga originalitas ke-kreatifitas-an kita :) *rumit banget ya ni istilah?* Dengan menyesal saya sebutkan bahwa untuk posisi paling akhir ini, jumlah jobnya justru paling banyak, karena ga semua orang bisa mengerjakannya :)

Berminat dengan salah satu job di atas? Langsung aja ya kirim CV ke me at monikatanu dot com, jangan lupa di SUBJECT EMAILNYA tolong disebutkan posisi yang diminati. Saya nerima banyak sekali email CV yang pada akhirnya sulit untuk dipilah-pilah dan ditanggapi lantaran spesifikasi job yang diinginkan ga jelas…

I will appreciate if you don’t ask questions like — “Ini beneran kan? Ngga yang ntarnya tau-tau ditawarin bisnis-bisnis online ga jelas gitu?” Saya mohon maaf sebesar-besarnya kalau email-email seperti itu akan langsung masuk ke junk folder… I already described the job clear enough – and if you’re not sure enough, better don’t put your CV in risk… :) CV is confidential, right? :)

Ah ya… the last thing: once you sent your CV to me, I will keep it as a very confidential data — don’t worry!

Recommended books untuk kita yang berminat tau lebih banyak soal bekerja dari rumah:

201 Responses to “Moms working from home – Ibu bekerja dari rumah”

  1. Dipo Aji Nugroho says:

    Halo mbak monika, mmm….gimana ttg email sy waktu itu mbak. Gpp kok mbak, replynya ngak usah panjang2…mungkin saya yg malahan agak cerita kepanjangan.

  2. Ika says:

    Dear Ibu Monika,
    baru saja saya mengirm CV saya ke email ibu,basic saya sebenarnya accounting,mungkin jika ibu membutuhkan virtual accounting bisa contact saya,namun saya juga sangat suka bidang marketing,so can i try to be one of your famous team?
    thanks

  3. bambang says:

    salam kenal…buat bapak2 bisa juga mbak Monic?…saya kayaknya tertarik yang 6 nih :)

  4. Monika Tanu says:

    Halo Pak Bambang, wah boleh aja sih Pak… saya coba cek ya :) Thanks!

  5. bambang says:

    Pagi mbak Monic…semalam sudah saya kirim CV via email :) semoga berkenan dan cocok :)

  6. indriani says:

    Malam mba’ Monik…
    Wah saya tertarik sekali tuch posisi no 1 dan no 2…boleh kan ikut bergabung ?

  7. Monika Tanu says:

    Halo Mbak Indriani, salam kenal :) Kalo Mbak sempet baca komentar dari Moms lainnya sebelum ini, dua posisi yang Mbak sebutkan itu kebetulan yang paling banyak peminatnya Mbak… jadi so far bisa dibilang sudah full. Mungkin ada posisi lain yang Mbak minati?

  8. indriani says:

    Mbak Monika kalo posisi #3 gimana? masih ada kah? trus penjabarannya kerjaaannya seperti apa lengkapnya…biar saya ngg ngecewain mbakMonika :)

  9. Monika Tanu says:

    @Mbak Indriani: Ini juga so far udah ada beberapa orang yang kita pake secara tetap Mbak, kaya Mbak Maya dan Mbak Cika di atas yang sempet share soal pengalaman kerja dari rumahnya sama kita… Maaf ya Mbak, soalnya banyak sekali CV yang masuk… mungkin kapan-kapan kita adain kopdar rame-rame soal working from home ini, asik juga ya?

  10. Lidiya says:

    kalau mau gabung dengan mba monika tanu apa ada syarat khusus? atau melalui test?

  11. mbak Monika, boleh tahu lebih jauh tentang job description yang no 4? apakah itu berarti kita punya kontrak dengan sebuah / atau beberapa buah perusahaan tertentu dan kita berfungsi sbg marketingnya? jadi kita harus menguasai benar-benar barang yang kita tawarkan?

    saya ibu rumah tangga biasa yang hobi internetan. Saya pikir kalau boleh bergabung dengan tim mbak Monika saya bisa lebih produktif lagi. Gitu lho mbak… he he
    makasih berat mbak

  12. Monika Tanu says:

    Mbak Lidiya, kalo soal syarat khusus, sebates apakah kemampuan orang ybs bisa cocok dengan pekerjaan yang harus dikerjakan aja sih Mbak, dan biasanya memang mau ga mau mesti langsung dicoba dites dengan contoh / sampel projectnya, supaya bisa langsung bisa ditentukan nextnya bisa kita share project yg mana… :) Ga ada tes khusus kaya tes2 masuk company gitu Mbak, kecuali memang mau fulltime di tim kita :)

  13. jany says:

    mba, aq kirim CV untuk web adminnya,,
    mudah2an mba cocok yah
    thx b4
    aq benar2 ingin to be mom work at home.. (*_~)

  14. endang says:

    Sore mbak Monika, salam kenal .. pertama, saya seneng banget, finaly dapet juga informasi bekerja dari rumah yang bener bener kerja, bukan kapling langit seperti banyak tawaran lainnya .. saya dlm proses resign stlh lama bekerja secara full day dan ingin memanfaatkan waktu luang saya dg kegiatan yg menghasilkan dan bisa dilakukan dari rumah .. saya akan kirim CV, harapan nya setelah mbak Monik membaca, ada tempat atau posisi yang cocok untuk saya dan bisa dikerjakan dengan profesional meski dari rumah. Thanks yaaa …

  15. Monika Tanu says:

    @Mbak Endang: Allow Mbak Endang, maaf akhirnya baru direply lagi…. hehehe iya Mbak, cuma jadi terbukakan matanya, kenapa banyak “kapling langit” itu (hehe ngikut istilahnya Mbak Endang), karena ternyata banyak sekali yang berminat work from home ya… sementara untuk jenis kerjaan “real” seperti ini, posisinya tidak sebanyak itu… dan usaha yang dibutuhkan untuk bisa work from home ini juga ga ringan… Sangat membutuhkan inisiatif dan effort yang bener2 serius dari orang yang berminat terjun di dalamnya. Ini aja aku liat dari cukup banyak tes yang diberikan, banyak yang “berguguran”, kelihatannya karena ga siap dengan tuntutan kerja dari rumah yang memang ga semudah kelihatannya…

  16. ingee says:

    akhirnya setelah setahun mencari ‘work from home’, saya menemukan website ini. saat sudah resign setahun demi cita-cita mulia :) membesarkan anak. saya akan kirim cv ke mba monik, mudah2an ada posisi yang sesuai.

  17. Monika Tanu says:

    @Mbak Inge: hai Mba Inge… selamat bergabung sebagai stay-at-home mom… and a working-from-home mom soon ya ^^

  18. tiwi says:

    Dear mbak monika,

    Saya punya background programming web. Sedikit bisa desain. Tapi sekarang udah nggak, pingin ikutan working at home-nya..

    Tiwi

  19. Monika Tanu says:

    @Mbak Tiwi: Boleh Mbak, bisa tolong CVnya dikirim ke career at imajiku.com ya Mbak, di subjectnya ditulis “programming freelance vacancy” ya :)

  20. lia says:

    alo monic .. saya tertarik dengan posisi 3,5,6 .. saya cepat belajar .. secara posisi 1 dna 2 udah penuh ya .. hehehe .. kira-kira masih bisa ga ya??

    thanks

  21. Monika Tanu says:

    @Mbak Lia: Allow Mbak Lia, iya posisi 1,2,3 udah penuh, ternyata banyak banget ya yang pingin kerja dari rumah dan nyari yang bukan jualan online… ^^ Kalo untuk posisi 5,6, sangat terbuka Mbak… cuma memang butuh kemauan keras dari orang ybs kalau memang sebelumnya belum ada pengalaman disitu…. karena dari kitanya sendiri ga mungkin bisa ngajarin satu-satu, jadi sifatnya mungkin seperti “KP” ya… tentunya kalau orangnya berminat… Hanya ya aku agak ga yakin ya kalo untuk orang2 yang memang tujuannya make money… karena prosesnya biasanya relatif panjang, sampai akhirnya proses pembelajarannya bisa bener2 make money… But let me know if you’re interested :)

  22. lia says:

    alo mba .. daku sudah kirim CV ku ya .. please check it that .. huehe ..
    thanks

  23. Martina says:

    Dear Mba Monika, saya sudah kirim cv saya ke email Mba Monika, tp blm ada balesan. Masih ada posisi yang available gak ya? thanks…

  24. Debby says:

    Hallo Monika, saya tertarik dgn posisi 5 dan 6. Kebetulan saya memang programmer ( software ) tapi saya dari dulu punya passion ke website design and programming cuman belum bisa tersalurkan. Saya sudah beberapa kali mendesign website sendiri ( walaupun masih basic sekali ) pakai macromedia flash dan dreamweaver dan membuat logo dari photoshop. Sekarang saya lagi cari kerjaan yang bisa di kerjain dari rumah sambil jaga si kecil.. kira kira posisi2 nya masih available gak yah?

  25. Debby says:

    Hallo Monika, saya tertarik dgn posisi 5 dan 6. Kebetulan saya memang programmer ( software ) tapi saya dari dulu punya passion ke website design and programming cuman belum bisa tersalurkan. Saya sudah beberapa kali mendesign website sendiri ( walaupun masih basic sekali ) pakai macromedia flash dan dreamweaver dan membuat logo dari photoshop. Sekarang saya lagi cari kerjaan yang bisa di kerjain dari rumah sambil jaga si kecil.. kira kira posisi 5 dan 6 masih ada gak yah?

  26. Monika Tanu says:

    @Mbak Debby: Wah boleh Mbak, posisi 5 & 6 masih ada, karena ada kalanya kita butuh freelancer juga, meski ga setiap saat… cuma proyek selalu ada aja :) Kita tunggu kiriman CV dan juga list portfolio yang pernah dibuat ya… pls email to career at imajiku dot com. Kalau filenya lebih dari 2 MB tolong dikirim lewat sendspace.com ya :) Ditunggu Mbak :)

  27. mala says:

    Emm mba monika, sya sangat tertarik untuk dapat bergabung di posisi 6, saya punya basic keterampilan di photoshop dan flash, dan kebetulan saat ini saya punya 2 orang anak yang masih kecil kecil, jadi apabila saya dapat bekerja sambil menjaga si kecil maka itu akan menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan. Kira kira apa yang harus saya lakukan ya mba monika agar dabat bergabung. Trims. . . .

  28. ganda says:

    salam mbak,
    sy tertarik utk posisi nomor 4, tp pengen lebih jelas jobdesc-nya, dan apakah ntar kt dikasih wawasan lebih ttg product knowledge-nya? apa web yg kita ‘jual’ produk team mbak ato client mbak misalnya? terima kasih ya mbak, ditunggu reply-nya..

  29. Yuni says:

    mba’Monik, apa kbr? Salam kenal mba’, saya Yuni, stlh menikah aktifitas saya dirmh (mendampingi tumbuh kembang anak).. ..dg background yg saya punya, saya pengen gak kehilangan apa yg saya punya itu mba’, disamping pengen g ktinggalan perkembangan dunia teknologi, krnnya saya kirim CV k me at monikatanu dot com.. apa sdh diterima? Saya ambil posisi 5.. tertarik dg kalimat “seneng belajar hal-hal baru di internet”.. ..Saya tunggu atensi dari mba’, terima kasih.. ..

  30. gangsar says:

    mba monik, saya mau ngelamar untuk posisi xhtml/css dan web desainer, tapi saya belum mempunyai portfolio. baru 1 dan itupun masih sangat biasa. tapi saya memiliki koneksi internet sendiri di rumah dan mau belajar.

    saya suka dengan php(code igniter) dan javascript(jquery).

    sangat suka sekali apabila mba monik mau mempertimbangkan saya untuk menjadi tenaga freelance di situ. terima kasih.

  31. Sari says:

    Hi Mba Monika,
    I’m really interested in the jobs you’re offering (#4,5,6) I’ve sent my CV to your email. Looking forward on hearing from you soon mbak ;)
    Regards,
    Sari

  32. Sari says:

    Hi Mba Monika,

    Really really interested in jobs #4,5,6. Semoga bisa bergabung dengan team mba monika yaa.. Please check my CV ya mbaa, i’ve sent it to your email.
    thank you very much mbak monika, looking forward on hearing back from you soon. :)

    regards,
    sari

  33. rafika permatasari says:

    sist aq tertarik dgn pekerjaan no 4 msh ada lowongan? mksh bnyak

  34. Fransisca says:

    Mbakkk.. masihkah ada peluang?

  35. irvandi says:

    mba’ monic….
    abang2 bisa masuk ga?????

    saya bisa tuh yg no.5 XHTML-CSS Coder

  36. Monika Tanu says:

    @Irvandi: Bisa aja Mas, tlg kirim CV dan sampel porto yang pernah dibuat ke career@imajiku.com ya. (Kalau filenya lebih dari 2 MB tolong gunakan sendspace.com, pls don’t send as email attachment ^^)

  37. Claudia Renita says:

    Dear Mba Monik,

    Saya tertarik dengan job no.4.
    background saya sich marketing communication.
    Masih available ga ya ?
    mudah-mudahan saya bisa bergabung dengan teamnya mba monik ya.
    Btw saya sudah meng-email CV saya.
    Thanx,
    I await your reply

  38. shashie says:

    kalau job no 4 masih available ngga?
    saya tertarik pingin kerja tapi saya masih mahasiswa. kira2 saya boleh ikut nggak?

  39. Monika Tanu says:

    @Shashie: mahasiswa ga masalah kok, asal SERIUS. Terus terang kebanyakan mahasiswa yang kontak kita cuma sekedar iseng-iseng doang, setelah kita reply emailnya 1-2 kali menghilang ;)

  40. shashie says:

    i see. kalau jam kerjanya kira2 dari jam berapa ya? soalnya kalau siang saya kuliah, jadi mau liat2 waktunya dulu. takutnya kalau tiba2 nggak bisa kan saya jadi nggak enak

  41. Monika Tanu says:

    @Shashie: Mbak, mungkin bisa dikirim dulu CVnya ke kita ya. Dari situ baru bisa tau lebih lanjut, karena tiap job berbeda kebutuhannya. Ada yang memang harus dateng ke kantor, ada yang bisa dikerjakan sepenuhnya dari rumah, dlsb. Thanks.

  42. Claudia renita says:

    Dear Mba Monik,

    Salam kenal ya, saya tertarik dengan posisi no. 4
    masih available ga, btw background saya Marketing Communication
    dan saya sudah mengirimkan CV sekitar 1 bulan lalu.
    Apakah perlu saya kirim ulang ?

    Thank You.

  43. Monika Tanu says:

    @Mbak Claudia: udah dijawab ya Mbak di email… pls check :)

  44. Angelia Ajeng says:

    Sy tertarik dgn posisi no 4.
    Sy sudah punya pengalaman sbg SME-RO (Small Medium Enterprises-Relationship Officer) di salah satu bank swasta di Indonesia.
    SME-RO menangani marketing perbankaan (funding dan lending).
    Namun skg sy sudah resign krn sy lebih memilih mengurus anak di rmh.
    Seandainya diberikan kesempatan sy ingin sekali mencoba bekerja posisi 4 yg ditawarkan.
    Mohon infonya.
    terimakasih.

  45. Angelia Ajeng says:

    Mbak Monic, sy ada krm cv.
    mohon dicek ya.
    terima kasih.

  46. Kinanti Indah says:

    Dear Mb Monik,

    Saya tertarik dengan posisi nomor 4 (web sales) dan saya sudah mengirimkan CV pada 7 Januari lalu.
    Saya pernah bekerja di Radio Swasta di Mojokerto (Maja FM, member of Suara Surabaya Media Group) di posisi Marketing Support.
    Saya sangat sangat serius Mb..karena saya memilih resign dari kantor untuk mengurus Ibu mertua yang sakit dan agar saya bisa fokus mengurus anak2 kelak.
    Mohon di check dan dijawab email saya ya Mb…saya sangat berharap bisa diberi kesempatan.
    Terima kasih

  47. pipiet says:

    m’monik,
    aku tertarik ma posisi 1 n 2 krn backgroundku emang scriptwriter di ph n iklan. tetep keukeuh kirim cv boleh kan? kali2 aja segera ada posisi kosong, biar m’moniknya dah punya stok cv. he..he..

  48. Vina says:

    Hi Mbo Monic…
    Lowongannya masih available kah..? mohon di replay ke email ku ya mbaa… posisinya apa aja deh… hehe.. thanks.

  49. Eka says:

    Hi Mba Monika…
    Masih available kah lowongannya? saya minat untuk any position, mohon diinfo ke email saya langsung ya mba…Terima kasih.

  50. Tita says:

    Halo mbak monik, saya tita..basic saya sebenarnya di design interior…sedikit bisa design grafis..mungkin masuknya ke css….saya ingin bergabung..karena udah ada baby dan pengen jd full time mom tapi tetep bekerja…masih terbuka kesempatan kan?thanks

Leave a Reply

*
To prove you're a person (not a spam script), type the answer to the math equation shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the equation.
Click to hear an audio file of the anti-spam equation