Hasil Survey – Berapa pasaran gaji Pembantu Rumah Tangga (PRT) keluarga muda jaman sekarang

April 2nd, 2008

Sesuai janji, saya coba buatkan summary berdasarkan input-input rekans semua. Total yang masuk ada sekitar 40 responden. Meskipun saya ga bisa bikin summary detail (ga sanggup bo bikin average-nya satu-satu ^^), saya berharap hasil survey gaji Pembantu Rumah Tangga (PRT) ini bisa ngasi pencerahan buat banyak keluarga muda seperti saya, biar ga usah pusing kalo PRT ngerumpi banding-bandingin gaji ama tetangga ^^ Dan kalo bisa si, supaya kita sama-sama jaga pasaran rate gaji PRT ini :)

Detail hasil survey-nya bisa dicek di posting saya yang ini: “Berapa pasaran gaji Pembantu Rumah Tangga (PRT) keluarga muda jaman sekarang?” Asal ga mabok aja ya bacanya :)

1. Luas rumah kebanyakan keluarga muda:
Paling kecil 36 m2, paling gede 375 m2. Rata-rata 100 m2 dan 2 lantai.
2. Job desc PRT tersebut apa aja?
Standar — cuci baju (kebanyakan pake mesin cuci), jemur pakean, setrika, masak (ada juga yang catering aja biar gampang), nyapu-ngepel. Ada yang sekalian bantuin jaga anak (tapi itu kalo kerjanya berdua bareng sesama PRT ato BS)
3. Kerja mulai jam berapa, selesai jam berapa
Kebanyakan mulai dari jam 5.30 pagi (meski ada juga yang mulai dari jam 4 pagi berdasarkan kemauan PRTnya sendiri) dan selesai sekitar jam 7-10 malem, tergantung kapan kitanya pulang.
4. Kerja sendiri/berdua/bertiga, dengan sesama PRT lain atau BS?
Kebanyakan kerjanya berdua, either bareng sesama PRT atau dengan BS. (fiuhhh… berat euy ^^)
5. Ada berapa anak di rumah, ada berapa orang dewasa di rumah?
Kebanyakan hanya 2 orang dewasa (suami-istri) dengan 1 atau 2 anak. Ada juga sih yang 7 orang dewasa di rumah, tapi emang pake 2 PRT.
6. Ada hewan peliharaan atau tidak?
Kebanyakan ga ada. Adapun cuma ikan atau kura-kura ^^ Seingat saya hanya ada 1-2 orang yang punya doggie atau kucing.
7. Activity untuk dia apa aja
Kebanyakan diajak ke mall kalo pas belanja mingguan.
8. Kebutuhan sehari-hari dia gimana?
Hampir semuanya dibeliin ama kita, terpisah dari gaji (odol, sabun, shampoo, softex dll)
9. Makannya gimana?
Hampir semuanya dikasi dari masakan dalem. Kita makan pizza dia juga, kita makan tempe dia juga :)
10. Gaji per bulan?
Rata-rata mulai dari Rp 350.000 – Rp 750.000 (booo! Gede banget nih yang gaji 750rb hehehehe). Uang jajan sekitar Rp 20.000-Rp 30.000 per minggu (so tambahan sekitar Rp 80.000 – 150.000 per bulan). THR 1 kali setahun sebesar 1 bulan gaji dan kalo ada acara rame-rame di rumah biasa dikasi tambahan dengan jumlah Rp 25.000 – Rp 50.000 per acara.
11. Anda & pasangan sama-sama ngantor?
Kebanyakan begitu. Tapi ada juga yang salah satunya IRT (Ibu Rumah Tangga) tapi tetep pake 2 PRT dengan pertimbangan keleluasaan beraktivitas.
12. Kalo PRT diajak ke mall, urusan makan gimana?
Ada yang dipilihin, ada yang boleh pilih sendiri tapi dibatesin kalo kemahalan… suru ganti menu lainnya. (Kalo makan di resto mahal gimana donx?)
13. Sudah berapa lama PRT ikut Anda?
Kebanyakan ga lebih dari 1 taun (jadi bisa dibilang pergantian PRT emang cukup sering yah). Ada yang ambil dari yayasan, ada yang ngebajak punya mertua ato nyokap ^^

So, any comments? ;)

110 Responses to “Hasil Survey – Berapa pasaran gaji Pembantu Rumah Tangga (PRT) keluarga muda jaman sekarang”

  1. utami says:

    Salam kenal…
    saya masuk ke blog monika karena ketemu di TUM….
    Baca sharing-an tentang PRT di atas, ternyata ceritanya hampir sama dengan pengalaman saya…soalnya hampir 11 tahun ini sudah “meng-hire” 13 orang untuk bantu-bantu di rumah (maluuu…sering banget gonta-ganti)
    kalo sekarang si mbak di rumah adalah yang ke-14 dan habis lebaran nggak akan balik lagi tetapi jeleknya dia sudah membawa pengaruh buruk kepada PRT adik saya…(merasa bersalah nih :(
    Moms mohon info dong…pasaran gaji PRT di jakarta sekarang berapa yak? persiapan mencari PRT baru habis lebaran ini.
    thanks

  2. Shane says:

    Lagi googling soal THR pembantu…..eh…nemu yang ini….. Setelah baca sekian banyak curhat ….saya merasa begitu bersyukur …..Saya Wanita bekerja ..berangkat jam7 pulang jam 5… punya 1 ASisten ….berusia 40an….. jam 6 pagi sdh nyampe rmh…. jam 5 sore baru pulang. …kerjaan rumah beres… .masak (sebagian),bersih2, cuci,setrika ,ngurus sibungsu … .Sabar sama anak2 (14 th dan 5th) …. .sudah 5 bulan membantu saya. ….Terimakasih ” Mbak Mi “mudah2an kita tetap bisa kerja sama…. take and give….

  3. Ihsan Shabri dan Kamilia says:

    Nimbrung nih, walaupun saya laki-laki kepala kel., tapi ga terlalu asing dgn urusan PRT atw BS krn ibu saya tmsk orang yang nuntut mrk nyaris sempurna, dan beliau pun akan mengimbanginya. Jadi rasanya memang sudah perlu sedikit diregulasi ga usah oleh pemerintah, kelompok warga pun bisa untuk menjembatani sehingga pengguna jasa dan penjual jasa dapat mendekati rasa puas dan harapan masing-masing. Ada yang mau berinisiatif ? Kalo ada teman, saya mau.

  4. dono says:

    Kebetulan saya lagi mencari info berapa sih gaji seorang PRT. thanks untuk semua curhatan ibu2. Jadi sekarang saya tau problema yang dihadapi :)

  5. Maria says:

    jadi inget aq punya Asisten rumah Tangga, baru 1 hari udah aq pulangin umurnya 15tahun, dia minta gaji 600 ribu aq iya in, masalahnya bapaknya nengokin mulu boo…disaat kita kaga ada, bukannya kita mau negatif thinking tapi kan kita belum kenal jelas juga orang baik2 apa kaga, aq takutnya pas dia jaga anak aq (2thn) babehnya dateng mulu dia bawa tu anak…udah gitu lucunya dia nelp aq waktu di kantor tu anak bilang dia kaga bisa nyetrika (lah ngapain dia mau kerja kalo kaga bisa nyetrika….glekkk), trus bapaknya tuh ngatur2 kita…harus gini, gitu ke kita..(yang jadi majikan sapa ya?????)…
    kalo masalah ART nih kadang bikin naik darah, dibaikin salah ga di baikin tambah salah….sebenernya dulu aq dah punya ART cuma ya itu dia pulang katanya mau nikah…(dan memang nikah)…skrg lagi bingung juga nyari ART , seandainya kerja bisa bawa anak kaya di luar negeri tuh..tiap hari deh di boyong tu anak….^_^…!!!!

  6. mami atha says:

    Baca ini jadi ikutan gemes en geli, melihat gaji BS skrg bikin shock terakhir saya hubungi untuk BS pegang bayi usia dibawah 1th gajinya 2.2jt ( gleeekkkkkkssss!!!)

    saya kembali bekerja 2th belakangan ini, masalah ART muncul stlh saya melahirkan putri ke 2 saya, saya dan suami mmg merencanakan untuk menggunakan jasa 2 ART ( 1 untuk si kakak dan 1 untuk si adek ) , sewaktu saya masih cuti melahirkan (3bulan), saya sudah memberhentikan 2 ART saya dan 2 kali tertipu sama tetangga yg jadi perantara, yang pertama ( 14th) baru bekerja 2 hari dirumah saya , ibu si mbak nelpon saya nangis2 minta kasbon 200rb (gaji si mbak 400rb) dengan alasan bayar kontrakan dan mau diusir dan maksa2 untuk datang kerumah saya, daripada ada hal yang ga baik saya antarkan si si mbak pulang ke rumahnya, yang ke 2 (15th) si mbak yang ini dianter tetangga saya, datang jam 5 sore kebetulan saya sedang menyetrika dari awal saya mmg ragu melihat cara bicaranya, betul saja hasil setrikaannya “engaaa bangeettt” dan keesokan nya jam 9 pagi si mbak yang saya suruh masak bilang mau pulang dulu saya tegaskan mau pulang dulu dan kembali lagi atau engga, si mbak bilang enga, saya suruh si mbak berhenti masak dan si mbak dijemput oleh pacarnya, usut punya usut si mbak ini kabur dari rumahnya krn oleh orang tuanya mau dimasukin ke Pesantren (*rumahku hanya sebagai tempat singgah rrrrggghh), kesalnya lg saya udah kasih uang 100rb sm tetannga saya ini plus ongkos ojek si mbak 35rb TT__TT

    sekarang dirumah ada ART harian yang jam kerjanya dari jam 6.30-09.30 dengan gaji 350rb (cuci,setrika,bersih2) sudah bekerja dirumah 3bulan ini, si teteh yang ini pun bikin saya naik darah, sendok dan gelas, baju dan lain2 sedikit2 demi sedikit hilang ntah kemana termasuk makanan dalam kulkas setiap ditanya ga ngaku, sekarang tinggal tunggu waktu si teteh gajian dan saya berhentikan..

    selain si teteh skrg ada si mbak yang baru kerja 2 minggu dirumah, yang ini keliatan sabar dan sayang sm anak pertama saya 4.5th, mudah2an si mbak yang ini awet, semoga kita jodoh ya mbak…. :) )

    Peer saya yang msh blm tuntas , mencari si mbak yg bisa momong untuk si adek (6bulan), krn blm ketemu yang cocok udah 3bulan ini si adek dititip di rumah mama di bandung TT___TT huuuhuu

  7. ica says:

    Hai ibu2 semua :-)
    Wah seru ya membahas art dan bs nya…..
    Saya berusia 18 tahun. Percaya ga percaya saya pernah ada dalam kedua posisi tersebut.
    Ya,sebagai majikan dan art.
    Sejak usia 2 tahun sampai kurang lebih 8 tahun,keluarga saya menggunakan jasa prt.
    Saat itu kedua ortu saya bekerja dengan 3 orang anak. Kakak saya berusia 6 tahun dan adik saya satu tahun.
    Prt bertugas terhadap kebersihan rumah dan membantu kakak sepupu saya menjaga anak2 saat di rumah. Tapi untuk urusan anak tetap ortu saya yang urus semua. Mulai dari mandi dan makan tetap ortu yang siapkan. Sudah lebih dari 10 art silih berganti. Ya sifatnya juga berbeda-beda. Yang paling ga bener adalah art saya yang sangat saya ingat adalah yang beberapa kali menjedugkan dahi saya ke lanta jika saya rewel.
    Ada juga yang suka mengambil uang dari toko ibu saya(saat sudah berhenti kerja membuka toko)saat ia disuruh menjaga toko. Dan menurut laporan tetangga ia suka mnutup warung seenaknya llu pergi ke wartel(belum jaman hp). Itu adalah art terakhir saya.
    Masalah makan dkk sama seperti survei.

    Saat saya berada dalm posisi sebagai art (jangan tanya kenapa saya bisa jadi art karena akan panjang lagi ceritanya). Saya menjadi art dari pasutri yang kedua nya bekerja senin sampai jumat jam setengah7 keduanya sudah berangkat. Anaknya berusia 4 tahun dan sekolah tk.anaknya seperti anak saya karena mulai dari bangun,keperluan sekolah,menemani saat ia pulang sekolah,sampai tidur saya yang temani. Menurut saya meski ortu nya d rumah tidak banyak berpengaruh karena anak tetap lebih sering sama saya. Awalnya shock karena saya tidak d besarkan dari keluarga seperti itu.
    Masalah makan ya sama makanan dalam. Untuk produk kebersihan diri ya disediakan. Menurut saya itu kewajiban mereka karena saya tinggal d sana. Jika anda tidak ingin membiayai kebutuhan art ya cri yg pp.

    Menurut saya masalah utama dari art dan bos adalah komunikasi yg kurang terbuka.
    Jika bos tidak suka atas suatu hal dari art ya bilang langsung k art nya bukan bicara d belakang begitu sebaliknya. Jika bicara d belakang, saya saat dalam posisi sbg art kan tdk tau mana yg harus d perbaiki.
    Setelah saya baca komentar2 d atas banyak dari majikan mersa art nya beruntung mendapat majikan seperti mereka karena satu dan lain hal. Misal karena suka kasih ini itu,ajak ksana kmari,tidak pernah memarahi tp jd nya dongkol dalam hati,dll.
    Saat saya berada dalam posisi sbg art saya pun akan berkata begitu. Mereka beruntung dapat art seperi saya. Saya tdk pernah mencuri,tdk main tangan dan kasar dengan anaknya,jika dsuruh selalu jawab ya (ya iya lah mereka bayar kan untuk itu),dan soal kebersihan malah saya lebih bersih dari bos saya. Oke misal majikan baik suka ajak main dan tidak membeda-bedakan. Tapi art ya tetap art meski saat pergi. Yang bawa barang bawaan art jg kan?

    Kalau d tulis memang sedikit pekerjaan art. Hanya cuci baju,piring,sapu,pel,bersih-bersih,jaga anak,mandiin anak,nyuapin anak,dll. Tapi itu cape lho….. serius. Belum hal2 kecil yg d lakukan berulang seperti beres2 mainan anak,beresin kamar,cuci2 sepatu,nyiram tanaman,bikin teh/kopi. Sepele dan ringan tp klau brulang2 itu dhitung berat jg.
    Art yang tinggal d rumah itungannya kerja 24 jam. Kok bisa? Kalau anda pulang jam 12 malam yg buka gerbang siapa? Ya art. Kalau art nonton tv ya ga masalah selama kerjaan udah beres.
    Masalah produk yg sama kaya majikan,ya namanya jg masih sesama wni produk sama wajar. Gimana kalau art malah lebih tau produk2 ternama dari luar gmana?
    Namanya jg tinggal satu rumah. Baik buruk antar keduanya sama-sama tau.

    Masalah kesetiaan? Siapa jg orang yg mau terus2an jd art. Kalau ia keluar jd art lg hanya karena beda gaji yg sedikit saya jg ga ngrti knapa.
    Kalau saya pribadi cukup deh jd art 2 bulan. Ga lg lg jd art. Cape booo.
    Waktu untuk diri sendiri kurang karena kita harus melayani dengn sepenuh hati kapanpun dmana pun.
    Sekarang saya ssedang memprrsiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi.
    Oia masalah yg lebih pilih jd spg/pramuniaga ya karena memang lebih enak. Ada kejelasan waktu kerja,gaji ga beda jauh, bedanya biaya hidup tanggung sendiri,lebih merdeka jg kali ya… tp memang membosankan.
    Saya jg pernah jd spg satu minggu. Pernah jg jd penyiar radio.

    Oke deh itu aja cerita dari saya yg cukup panjang. Salam

  8. Karla Shinta says:

    Dear mbak Monik dan bunda2 sekalian,
    ijin bergabung. Sy mau nanya (bingung pertanyaan ini masuk ke topik ygmana,soale pilihannya blm ada)..
    Bagaimana etika berinteraksi dgn pembantu. Bolehkah suami ketika mengenakan kaos dalam singlet,wara-wiri didalam rumah.Secara ketika hari sedang panas,suami sy senang mengenakan singlet saja. Didalam rumah tentu ada pembantu juga yg umurnya kira2 15tahun & seorang gadis.
    Kalau ada sedikit tambahan masukan seputaran hal lainnya yg serupa, mohon pencerahannya.. Trima kasih mbak

  9. Luthfi says:

    tahun 2013 pembantu yang hanya cuci strika dan mengerjakan sebagian kecil pekerjaan lainnya, mulai bekerja jam 8 pagi sampai jam 10 gaji 450rb-550rb.

  10. Siti says:

    ?°ºthanks buat info nya. Saya udah gonta ganti prt sebyk 10kali dlm 2 taun ini, krn prt nya ga suka anak kecil ( umur setaun stgh) . Ada yg nyolongan, ada yg kena pengaruh prt lain dlm 1rmh. Dulu sya pke 2 prt meskipun sya home mom. Tp skrg mendingan 1 aja deh, coz ribet pke 2, malah iri2an, kasih pengaruh jelek, ngerumpi trus ga kerja2, dll. Gaji prt sya klo yg harian taun 2012 sya kasih 20-25rb per hari, tergantung pda hr itu bnyk ga kerjaannya. Klo yg nginep taun 2012 sya kasih 500rb trus dpt 3 bln or klo ngancam mau keluar, aq naikin 50-100rb tergantung orgnya juga. Klo skrg 2013 aq gaji prt 600-700rb, klo ngancam kluar, gue gedein gajinya jd 800-1jt bok (tergantung prt nya gimana dulu ) saking butuhnya. Coz aq ga boleh kecapean sama sekali. Bisa masuk rs bolak balik cuman gara2 kecapean aja. Wkwk

Leave a Reply

*
To prove you're a person (not a spam script), type the answer to the math equation shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the equation.
Click to hear an audio file of the anti-spam equation