Berapa pasaran gaji Pembantu Rumah Tangga (PRT) keluarga muda jaman sekarang?

February 28th, 2008

Urusan PRT (Pembantu Rumah Tangga) emang ga ada matinya. Selalu menarik untuk dibahas, karena makin kesini makin jadi kebutuhan utama kebanyakan orang Indonesia. Mungkin belum segitunya buat yang masih honeymooners alias merit belum ketambahan bontot, tapi buat yang udah punya anak dan masih ingin berkarir (entah di kantor atau di rumah), kayanya lain cerita.

Kenapa mendadak saya terinspirasi bikin survey soal pasaran gaji PRT ini? Lantaran di kompleks perumahan saya, standar semakin meningkat. Ada pasangan yang cuma berdua tapi PRTnya 2 orang — alesannya biar betah karena di kompleks saya emang ga ada kebiasaan ‘nonggo’, bertandang ke tetangga kanan-kiri. Semua tutupan pintu di rumah masing-masing.

Ada lagi yang anaknya satu, bapak-ibunya kerja tapi punya PRT satu, BS (Baby-Sitter) satu. Wah, rusak deh standar saya yang punya anak satu (Aurel 4,5 bulan) dan doggie umur 1,5 taon ini. PRT saya cuma semata wayang. Ga pake BS-BS-an. (NB: pada saat saya terakhir mengomentari salah satu komentar yang masuk, 24 Nov 2011 — yang masih ada setelah saya posting ini 3,5 taun yg lalu ^^ Aurel udah 4 tahun dan saya lagi ga di Indo, so saya ga pake pembantu ^^)

OK, back to the topic. Bolehkah saya minta share Anda semuanya? Berikut saya lampirin pertanyaan yang sudah saya lempar juga ke beberapa milis parenting. Semoga bisa memberikan gambaran, kaya apa sih trend gaji PRT jaman sekarang. Biar kita juga lebih pede kalo PRT kita bergaol ama PRT tetangga… wong kita udah kasi apa yang memang berlaku di luaran :)

Ini daftar pertanyaan surveynya:

1. Rumah Anda seberapa luas? Berapa m2?
2. Job desc PRT tersebut apa aja? (Nyuci baju pake mesin cuci / tangan? Masak? dll)
3. Kerja mulai jam berapa, selesai jam berapa (weekend “libur” ga? Ada semacem uang cuti ga kaya baby sitter alias BS?)
4. Kerja sendiri/berdua/bertiga, dengan sesama PRT lain atau BS?
5. Ada berapa anak di rumah, ada berapa orang dewasa di rumah?
6. Ada hewan peliharaan atau tidak?
7. Activity untuk dia apa aja (misal: boleh jalan-jalan sama temen-temennya seminggu sekali, diajak ikut ke mall seminggu sekali, boleh maen ke rumah temennya, boleh pake telpon rumah untuk nelpon keluarga ato temennya dll)
8. Kebutuhan sehari-hari dia gimana; dia beli sendiri (udah termasuk di gaji dia) atau Anda yang beliin terpisah dari gajinya?
9. Makannya gimana? Dibeliin sayur suru masak sendiri atau selalu dibagi dari masakan dalem?
10. Terakhir: berapakah gajinya per bulan? Ada uang jajan per minggu? Ada bonus lainnya? Kalau ada, berapa?

Pertanyaan tambahan (per 27 Maret 2008) – saya tanyakan supaya bisa lebih ngasi gambaran:

11. Apakah Anda dan pasangan sama-sama ngantor? Atau salah satu di rumah?
12. Kalau PRT ini Anda bawa ikut ke mall, urusan makannya Anda yang pilihin atau boleh pilih sendiri? Dibatesinnya gimana? (Kalo Anda makan bakmi 15rebong terus dia pilih steak 30ribu kan bete juga… ^^)
13. PRT Anda ini udah berapa lama ikut Anda? Anda ambil ke yayasan atau ngga? Kalo ngga, dari mana?

Nanti akan saya share summarynya kalau pendapatnya udah terkumpul ^^ Summarynya udah saya buat per 2 April 2008 disini. Tapi kalo masih ada yang mau nambahin share, boleh banget lho!!!

101 Responses to “Berapa pasaran gaji Pembantu Rumah Tangga (PRT) keluarga muda jaman sekarang?”

  1. sekar says:

    wah wah wahhh… sdh 6 tahun nih ngomongin pembantu gak abis2. :)
    ikitan share ya…
    aku tinggal di Kota Palu Sulawesi Tengah.
    Aku punya pembantu hanya sorangan saja. itupun dah lamaaaaa banget. gak pernah ganti-ganti sampai sekarang.
    Aku juga heran, kok dia bisa betah ya’. padahal aku gak baik-baik amat. kalau dia salah kerjanya juga kumarahin, tapi hbs itu ya sudah selesai, yang penting gak diulang lagi. sementara temen2ku yang lain keluhannya gak lain cuma pembantu… mlulu. Yang gak tahanlah, yang maleslah, yang suka nyolonglah, pokok’e cem macem.

    - ukuran rumah minimalis, type 45

    - dirumah kami berempat. aku dan anak 3. (jelang 17 thn ama kembar 13 thn.)

    - pekerjaan semua dia kerjakan. bangun pagi bersih2, ngepel, nyuci, masak, nyetrika semuanyalah. dan rasanya nggak ada masalah. (buktinya dia betah) rumah selalu bersih dan rapi. pakaian rapi siap pakai. nyuci pake mesin cuci.

    - masalah makan, dia jago banget masak. yaudah dia ikutan dirumah. yang penting untuk anak2 dia pisahin. aku sndiri jarang makan dirumah.
    - kebutuhan lain2 dia beli sndiri. kecuali sabun mandi, sabun cuci (Biasa belanja 2mingguan)

    - untuk jalan2 dia gak pernah menuntut untuk jalan2. sekali2 saja kalau aku mo belanja kebutuhan yang lumayan banyak baru ajak dia :D .

    - Gaji senantia mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. (ya iyalah… mosok segitu2 aja)

    - Pembantuku termasuk orang yang disiplin waktu. setiap jam 2 siang dia selalu nelpon untuk ngasih tahu kalo kembar dah pulang sekolah. *meskipun saya sndiri sdh nelpon si kembar.

    tapi ya itu..
    - setiap hari minggu dia harus pulang kerumahnya. setiap hari minggu
    - Bahasanya agak kasar, kalo terima telpon dariku kasar banget bicaranya. *atau emang pembawaan kali ya’

    - BAgusnya lagi dia gak suka ngrumpi sesama pembantu tetangga. meskipun ada waktu untuk itu. secara akunya berkantor dari pagi sampe sore. kalo sekiranya kurang pekerjaan dia pake nonton atau tidur. Sorenya aktifitas lagi sampai hbs makan malam.

    -demikianlah pembantuku yang setia sepanjang masa tiada duanya namanya INA, tinggal sama aku udah lebih 15 tahun. Bisa dibayangin kalo gak ada dia…
    “Luv u ina :)
    terimakasih….

Leave a Reply

*
To prove you're a person (not a spam script), type the answer to the math equation shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the equation.
Click to hear an audio file of the anti-spam equation